Satwa Di Ragunan Butuh Libur

October 08, 2013 Posted by GILANG.KAMANDANU in CELOTEHKAKEK 1

Save Article


  • Penulis : Sonya Suswanti Selasa, 8 Oktober 2013 | 22:50 WIB*


Satwa di Ragunan Butuh Libur

  • Suasana pengunjung di Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta, Selasa (17/5/2011). Di pengujung libur panjang kali ini, pengelola TMR menghadirkan atraksi elang dan parade satwa untuk menyedot pengunjung. Puluhan ribu pengunjung memadati tempat liburan ini. | KONTAN/Muradi*

JAKARTA, KOMPAS.com — Dialog publik Taman Margasatwa Ragunan yang digelar di Pusat Pendidikan Primata, Ragunan, pukul 09.00-19.00 tadi menghasilkan 20 butir kesepakatan. Salah satunya adalah pengaturan libur bagi satwa.

"Poin usulan itu sangat baik dengan meliburkan sehari TMR. Bukan hanya baik untuk hewan, kita juga bisa lebih maksimal bersih-bersih," ujar Marsawitri Gumay, Kepala BLUD Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (8/10/2013).

Menurut Marsawitri, dari analisis jumlah pengunjung, ada 2 hari yang tidak terlalu banyak pengunjung. Menurutnya, hari Senin dan Jumat adalah hari sepi pengunjung. Namun, Jumat yang benar-benar hari tersepi. Jika bukan libur nasional, hanya 1.000 orang yang datang di hari tersebut.

Selain meliburkan satwa, dilakukan juga pengendalian polutan suara agar tidak menggangu satwa. Peningkatan kualitas dan kuantitas dokter hewan dan perawat satwa juga dilakukan. Kemudian, dibuat strategi manajemen perawatan dan kesehatan satwa untuk membuat habitat satwa sehat dan lainnya.

Menurut Ketua Pengawas TMR Hashim Djojohadikusumo, kegiatan dialog seperti ini akan dilakukan setiap tiga bulan sekali. Dia ingin masyarakat juga tahu keadaan yang terjadi di TMR.

"Dalam pelaksanaannya, ke depan harus ada result yang didapat. Jangan sampai dianggap hanya omong belaka," ujar adik Prabowo Subianto itu.

  • Editor : Ana Shofiana Syatiri*

#kompasdotcom #sekilasinfo #apaguekate

Terimakasih telah membaca artikel Satwa di Ragunan Butuh Libur semoga bermanfaat, menambah ilmu dan wawasan kamu.
Kalo berkenan, tolong di share lewat facebook, twitter, google plus atau yang lain ya, biar teman-teman yang lain juga tau artikel ini, terimakasih.

Judul : Satwa di Ragunan Butuh Libur
URL :
Tanggal :
Penulis :
Rating : 39/49 dari 1 komentar