Sejarawan Solo, Soedarmono, Dimakamkan

August 11, 2013 Posted by IDBLOGGERBUZZ in COFFEEBREAK 0

Save Article



Sejarawan Solo Soedarmono Dimakamkan

TEMPO.CO, Surakarta - Tokoh penyelamat bangunan cagar budaya Soedarmono yang wafat Ahad 11 Agustus 2013 dimakamkan di Bonoloyo, Surakarta, Senin 12 Agustus 2013. Dosen sejarah Universitas Sebelas Maret ini meninggal lantaran penyakit diabetes yang diidapnya selama lima tahun terakhir.

Pegiat cagar budaya, Heri Priyatmoko menilai Soedarmono merupakan aktivis yang gigih dalam menyelamatkan bangunan cagar budaya. "Sikapnya sangat tegas terhadap pelestarian bangunan cagar budaya," katanya. Sikapnya itu membuat Soedarmono dipercaya menjadi koordinator Solo Heritage Community.

Soedarmono juga pernah menulis buku Mbok Mase Laweyan yang berisi sejarah pengusaha batik Laweyan. "Harus diakui hasil penelitian itu akhirnya mampu membuat Kampung Laweyan kembali dilirik dan berkembang," ujar Heri.

Dia juga pernah membuat penelitian yang mengejutkan. Penelitian itu menunjukan siklus kerusuhan di Surakarta berlangsung tiap 15 tahun, sejak hancurnya Keraton Kartasura pada 1745 hingga rusuh Mei 1998. Koleganya di Fakultas Sastra UNS, Tundjung W. Sutirta menilai Soedarmono sangat konsisten di bidang sejarah. "Terutama saat riset," ujarnya.

Nama Soedarmono juga berkibar karena vokal menentang pembongkaran bekas pabrik es Saripetojo, dan menjadi tokoh penting dalam pengusutan kasus hilangnya arca kuno di Museum Radyapustaka. Bekas Kepala Dinas Kebudayaan Surakarta, Purnomo Subagyo, mengakui komitmen Soedarmono dalam memperjuangkan penyelamatan bangunan cagar budaya. "Beliau berperan dalam terbentuknya jaringan kota heritage dunia," katanya.

Pembentukan jaringan itu dilakukan saat Surakarta menjadi tuan rumah World Heritage City Conference (WHCC) pada 2008, dan Soedarmono sebagai ketua penyelenggara.

Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo mengatakan warga kota sangat kehilangan Soedarmono. "Kami siap melanjutkan cita-cita beliau dalam melestarikan bangunan heritage," katanya. Soedarmono dikenal sebagai orang yang tak punya telpon genggam, dan sehari-hari mengenderai Vespa.

#RIP

#solohttp://www.tempo.co/read/news/2013/08/12/058503873/Sejarawan-Solo-Soedarmono-Dimakamkan)

[sumber](

Terimakasih telah membaca artikel Sejarawan Solo, Soedarmono, Dimakamkan semoga bermanfaat, menambah ilmu dan wawasan kamu.
Kalo berkenan, tolong di share lewat facebook, twitter, google plus atau yang lain ya, biar teman-teman yang lain juga tau artikel ini, terimakasih.

Judul : Sejarawan Solo, Soedarmono, Dimakamkan
URL :
Tanggal :
Penulis :
Rating : 3 out of 4 based on 4 ratings.