Cara Mengembangkan Bakat

August 11, 2013 Posted by JEEFRAY GUNAWAN HTAA SUHUT in COFFEEBREAK 2

Save Article


Bakat sama dengan talenta. Talenta adalah ukuran timbangan di Timur Tengah pada zaman Alkitab sebesar 3000 syikal (sekitar 34 kilogram). Orang lebih mengenal talenta dengan menyamakannya sebagai bakat.

Ada beberapa devinisi bakat yang dikemukakan oleh para ahli diantaranya adalah:

Bingham (1986) menjelaskan bakat adalah suatu kondisi atau serangkaian karakteristik atau kemampuan seseorang yang dengan suatu latihan khusus memeungkinkannya mencapai suatu kecakapan, pengetahuan dan ketrmpilan khusus, misalnya kemampuan berbahasa, kemampuan bermain music dan lain-lain.

Crow & Crow dalam bukunya General Psychology sebagaimana dikutup oleh Nurkancana (1993 : 191), mengatakan bahwa :

Bakat adalah suatu kualitas yang Nampak pada tingkah laku manusia pada suat lapangan keahlian tertentu seperti music, seni mengarang, kecakapan dalam matematika, keahlian dalam bidang mesin, atau keahlian-keahlian lainnya.

Setiap orang di dunia ini telah terlahir dengan talenta yang memang sudah ada sejak dalam kandungan. Mengapa? Sebab Tuhan telah memberikannya pada setiap individu yang dia ciptakan sehingga terlihat beragamnya talenta itu.

Ada orang yang memiliki talenta untuk bernyanyi, terlihat sejak kecil, dia suka bernyanyi tanpa henti. Ada yang suka menulis, dan membangun bangunan kecil dari pasir. Lalu benarkah orang hanya memiliki satu atau dua talenta saja? Mari berpikir sejenak, misalnya seorang penyanyi handal Agnes Monica, yah... diakui dia bisa bernyanyi di atas rata-rata penyanyi Indonesia. Agnes juga seorang pencipta lagu, apakah ada bakat lain yang mengikuti Agnes sehingga seperti itu? Tentu ada. Jika diperhatikan Agnes memiliki bakat bernyanyi, menulis lagu, berbahasa inggris, Mandarin, dan bakat manajemen waktu.

Jadi, Agnes sedang dan telah mengembangkan bakatnya yang lain. Artinya, kita bisa mengembangkan bakat yang lain juga. Jika anda memiliki bakat menggambar, kembangkan juga bakat yang lain seperti menulis puisi atau cerpen. Yang menjadi masalah terkadang adalah kita tidak mau mencoba, walaupun kita ingin melakukannya. Baiknya cobalah melakukannya bukan dengan keterpaksaan tapi dengan keinginan yang bahagia.

Kemudian, bagaimana dengan bakat yang benar-benar tidak bisa kita lakukan. Sudah banyak kali mencoba bernyanyi tidak fals, tapi tetap fals. Anda harus berhenti memaksakan kehendak diri untuk bisa bernyanyi seperti Mariah Carey, Cakra Khan, dan Josh Groban. Jika anda sadar dan telah menemukan satu bakat yang benar-benar sangat nampak dalam diri, bahkan orang sekitar anda tahu itu bakat anda. Berarti anda harus mengasahnya lebih lagi setiap hari dan jangan lupa dengan bakat lainnya.

Terimakasih telah membaca artikel Cara Mengembangkan Bakat semoga bermanfaat, menambah ilmu dan wawasan kamu.
Kalo berkenan, tolong di share lewat facebook, twitter, google plus atau yang lain ya, biar teman-teman yang lain juga tau artikel ini, terimakasih.

Judul : Cara Mengembangkan Bakat
URL :
Tanggal :
Penulis :
Rating : 2 out of 3 based on 3 ratings.