68 Persen Kantin Sekolah Jual Jajanan Penyebab Gagal Ginjal

July 27, 2013 Posted by IDBLOGGERBUZZ in COFFEEBREAK 0

Save Article



68 Persen kantin sekolah jual jajanan penyebab gagal ginjal

Tim ahli Komisi Perlindungan Anak Indonesia menemukan fakta yang mengejutkan, terkait jajanan yang dijual di sekolahan. Dari seluruh kantin sekolah, ternyata lebih dari separuhnya menjual jajanan tidak sehat.

"Hanya 32 persen sekolah yang memiliki kantin sehat. Sisanya ada tukang penjaja makanan yang mengandung zat adiktif, terkontaminasi bakteri, serta sumber air tidak sehat," ujar Rachmat Sentika, Anggota tim ahli Komisi Perlindungan Anak Indonesia kepada Antara, Sabtu (27/7).

Meski tak rinci menyebut angkanya, temuan yang didapat rahmat di tahun 2012 lalu menyebutkan jajanan tersebut tidak sehat karena mengandung zat-zat berbahaya. Parahnya, saat dikonsumsi zat berbahaya akan larut di dalam darah sehingga menyebabkan gangguan di dalam tubuh seperti ginjal.

"Jajanan yang mengandung pewarna tekstil, formalin, boraks, penyedap dan pemanis buatan dapat memicu terjadinya gagal ginjal," ujar Rachmat lagi.

Menurut Rachmat, jika konsumen yang sebagian besar anak-anak ini terus menerus mengonsumsi jajanan tidak sehat itu, dikhawatirkan gagal ginjal lebih cepat terjadi.

"Bahan kimia berbahaya juga bisa sebabkan sirosis hati (pengerasan hati) dengan lebih cepat," tutup Rachmat.

Selain itu penyakit-penyakit lain juga bisa timbul akibat hal ini. Seperti otot kaku, kerusakan jaringan otak, hingga penurunan daya kognitif.

#kesehatan

#InfoSehat

sumber

Terimakasih telah membaca artikel 68 Persen kantin sekolah jual jajanan penyebab gagal ginjal semoga bermanfaat, menambah ilmu dan wawasan kamu.
Kalo berkenan, tolong di share lewat facebook, twitter, google plus atau yang lain ya, biar teman-teman yang lain juga tau artikel ini, terimakasih.

Judul : 68 Persen kantin sekolah jual jajanan penyebab gagal ginjal
URL :
Tanggal :
Penulis :
Rating : 3/3 dari 0 komentar