Masjid `Nabawi` Di Ciamis

July 13, 2013 Posted by DEN BAGOEZ in KURMA 0

Save Article



Masjid Nabawi di Ciamis

Liputan6.com, Ciamis : Semilir angin yang berhembus di Masjid Agung Ciamis, Jawa Barat akan membawa kita larut dalam keteduhan. Jajaran pohon kurma menghiasi halaman masjid menghadirkan sensasi berada di Tanah Arab. Seperti bukan di negeri sendiri.

"Awalnya waktu 2002 diberikan pohon kurma. Jadi berlanjut ditanami terus. Ada sekitar 20 pohon, sudah 2 kali ini berbunga," ungkap pengurus Sekretariat Masjid Agung Ciamis, Kurnia Soemantri di Ciamis, Jawa Barat, Minggu (14/7/2013).

Masjid Agung Ciamis tak seperti masjid kebanyakan. Bangunan masjid seluas 5.130 meter persegi ini telah lama berdiri, sejak 1882. Beberapa sudutnya dihiasi dengan arsitektur yang mengadopsi Masjid Nabawi di Madinah.

Sebanyak 8 dari 9 pilar bulat yang menopang bangunan Masjid Agung Ciamis dibuat serupa dengan salah satu masjid yang dibangun Nabi Muhammad SAW. 9 Pilar berdiameter 80 cm itu dihiasi ornamen kuning-hijau.

"Tapi bedanya yang di Madinah itu kan ornamennya dari emas. Juga mengingatkan di Taman Raudah di Madinah," ujar Kurnia. Sementara 1 pilar sisanya berbentuk persegi yang dibalut marmer putih.

"Tiang ada 9, kan disesuaikan dengan jumlah para wali yang ada 9. Diwakilkan tiang-tiang itu," imbuhnya.

Tak cuma tiang, sudut-sudut lain Masjid Agung Ciamis pun mengandung banyak makna. Kaligrafi-kaligrafi indah menghiasi sisi dalam masjid. Seperti yang tampak pada 9 pintu masuk masjid yang terbuat dari kayu dan 6 pintu bergorden hijau dengan hiasan ayat-ayat berwarna keemasan.

"Kaligrafinya menuturkan tentang keesaan Tuhan dan diharapkan jamaah yang masuk dapat ketenangan, kekhusyukan, seperti itu," ungkap Kurnia.

Sementara itu, 2 menara yang berada di depan masjid juga tak kalah memiliki arti. Tinggi menara yang mencapai 33 meter itu diartikan sama dengan jumlah hitungan dzikir. Selain itu, kubah masjid berwarna hijau yang terdiri dari 3 susun turut dimaknai dalam.

"Itu tahapan seperti orang sedang belajar kehidupan. Ada tingkat bawah, menengah, dan yang akhirnya bisa mencapai khusnul khotimah. Artinya, bahwa kehidupan kita akan kembali ke Allah," terangnya.

Meski telah didirikan sejak 1882, namun sayang tak ada lagi bangunan asli masjid yang berhasil dipertahankan. Saat pertama kali dibangun dulu, masjid itu memiliki luas keseluruhan mencapai 14.000 meter persegi.

Perbaikan demi perbaikan masjid juga terus dilakukan. Salah satunya soal arah kiblat. "Sudah dibetulkan, karena ada kecenderungan kiblatnya tidak pas. Tapi dengan bangunan ini sudah diarahkan sesuai arahan Kementerian Agama tingkat provinsi," pungkas Kurnia.

Seperti masjid pada umumnya, pada Ramadan kali ini, Masjid Agung Ciamis juga turut mengadakan salat tarawih, buka puasa bersama, dan kuliah subuh. Selain itu, ada juga bimbingan baca dan menghapal Al-Quran. (Ndy/Ism)

#serba_serbi-ramadhan

#ramadhan

#Islam

#hikmahpuasa

#garis_cerdas

http://ramadan.liputan6.com/read/638818/masjid-nabawi-di-ciamis

Terimakasih telah membaca artikel Masjid `Nabawi` di Ciamis semoga bermanfaat, menambah ilmu dan wawasan kamu.
Kalo berkenan, tolong di share lewat facebook, twitter, google plus atau yang lain ya, biar teman-teman yang lain juga tau artikel ini, terimakasih.

Judul : Masjid `Nabawi` di Ciamis
URL :
Tanggal :
Penulis :
Rating : 2/3 dari 0 komentar