Empat Cara Mendorong Remaja Lebih Kreatif

July 12, 2013 Posted by REGINA SISCA FORTUNATA in YOT 5

Save Article


Remaja adalah usia dimana seseorang paling rentan dipengaruhi perkembangannya. Pada momen ini pula, remaja sibuk mencari identitas dan pemahaman tentang diri sendiri.

"Masa remaja merupakan masa dimana mereka banyak mencoba hal baaru dan menjajal setiap pilihan dalam semua aspek kehidupannyaa," ujar Psikolog Anak dan Keluarga, Vera Itabiliana, K. Hadiwidjojo saat ditemui di kawasan Mangga Besar, Jakarta Pusat.

Selain itu, tantangan remaja bukan hanya berupa menjalankan tuntutan dari orangtua dan sekolah semata, tapi juga mencari cara bagaimana menjadi seorang yang mampu mengembangkan kreatifitas. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendorong anak remaja lebih kreatif.

- Out of the box

Ini adalah salah satu langkah melakukan sesuatu yang tidak dilakukan orang pada umumnya. Menurut Vera, untuk memulainya, diperlukan keberanian. Pasalnya ini merupakan bentuk ‘pemaksaan’ untuk berpikir.

"Dapat dimulai dengan cara mudah, misal dengan mencatat kelebihan atau kegiatan positif yang dilakukan. Dengan demikian, potensi dalam diri akan terlihat," katanya.

- Unexpected

Untuk menjadi seorang yang kreatif, sesekali remaja boleh mengharapkan atau memimpikan sesuatu hal yang tak terduga di luar rutinitas. Salah satunya bisa dengan membantu mengajarkan teman mengenai materi pelajaran yang belum dipahami.

- Surprising

Setelah mengharapkan sesuatu di luar dugaan orang lain, ada baiknya si anak dapat memberikan kejutan untuk orang lain. Keluarkan semua daya cipta yang ada untuk kemudian diberikan pada orang lain. Misal, dengan mengajarkan anak membuat sebuah karya sendiri. Dapat diberikan ketika hari ibu atau sebagai hadiah ulang tahun bagi keluarga.

- Spontan

Menurut Vera, untuk melakukan hal ini, seorang remaja membutuhkan keberanian ekstra. Namun mereka bisa memulainya dengan cara mudah, yakni melakukan hal positif secara spontan. Menurut Raditya Dika, penulis sekaligus creativepreneur, ketika telah melakukan sesuatu yang disenangi, maka dirinya akan terus melakukannya walau tanpa dibayar dan bahkan diperintah.

sumber: wewilldominatedid

#IDEAVOLUTION

#FYI

#New-News

#NewFokusInfo

#ceritamu

#Bebas_Posting


Empat Cara Mendorong Remaja Lebih Kreatif

Terimakasih telah membaca artikel Empat Cara Mendorong Remaja Lebih Kreatif semoga bermanfaat, menambah ilmu dan wawasan kamu.
Kalo berkenan, tolong di share lewat facebook, twitter, google plus atau yang lain ya, biar teman-teman yang lain juga tau artikel ini, terimakasih.

Judul : Empat Cara Mendorong Remaja Lebih Kreatif
URL :
Tanggal :
Penulis :
Rating : 4/5 dari 5 komentar